IDNUSA, JAKARTA - Penyidik KPK Novel Baswedan disiram air keras di wajahnya subuh tadi. Kejadian nahas itu menimpa Novel usai dia pulang salat subuh dari masjid kompleks rumahnya.

Novel dilarikan ke RS Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta Utara. Novel masih terbaring di ruang perawatan dengan kedua mata tertutup. Luka bekas siraman air keras terlihat jelas di kedua mata Novel.

Air keras memang bahaya, terkena benda mati saja bisa menimbulkan kerusakan, apalagi jika terkena kontak langsung dengan tubuh. Lalu seperti apa pertolongan pertama yang bisa dilakukan bila tubuh terkena air keras?

Jika air keras terkena kontak langsung dengan bagian tubuh seperti kulit, efek yang ditimbulkan beragam. Mulai dari lecet, menimbulkan rasa sakit yang luar biasa, hingga luka bakar yang menyebabkan bekas luka.

Pertolongan pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menyiram bagian yang terpapar dengan air bersih yang mengalir. Dilansir msdsonline.com, Anda juga disarankan untuk menggunakan air hangat. Siram bagian tersebut selama mungkin, 10 hingga 30 menit secara terus menerus.

Begitu juga jika bagian mata terkena cairan berbahaya ini. Siram dengan air bersih setidaknya 30 menit, dan segera cari bantuan medis. Air keras bila terkena mata bisa menimbulkan kebutaan.

Dalam beberapa insiden, air keras juga bisa tertelan. Jika ini terjadi, segera berkumur beberapa kali dan minum air atau susu.

Perlu diperhatikan, tidak disarankan untuk memaksakan diri memuntahkan apa yang sudah ditelan. Alasannya karena zat kimia yang tertelan akan dua kali merusak bagian dalam tubuh (saat tertelan dan saat dimuntahkan).

Selain itu,  kondisi saat muntah juga bisa mengganggu pernafasan. Jadi, kecuali jika Anda sudah ditangani medis, jangan memaksakan diri untuk mengeluarkan sendiri air keras yang tertelan.

Air keras yang terinduksi dan menguap ke udara juga berbahaya. Terutama jika tumpah dan menguap di dalam ruangan. Segera keluar dan hirup udara segar.

Mendapat tindakan medis secepat mungkin adalah pilihan terbaik. Namun tidak ada salahnya mengetahui apa yang bisa Anda lakukan jika orang terdekat mengalami insiden terkena air keras. (kp)
Sukai & Ikuti Fanpage
Loading...

💬 Komentar Anda

Memuat...

IDnusa Media

{picture#http://1.bp.blogspot.com/-RHuHKSh0jUg/WJomhwft6RI/AAAAAAABfRA/1TB6GUWhHNg1HQ3cuqhHvXgBJeFOV7-7wCK4B/s1600/IDNusa-Admin.png} Kecepatan, Ketepatan Pemberitaan, Selalu Memberitakan Kebenaran, Terhangat Serta Dapat Dipercaya dan Berimbang. {facebook#https://www.facebook.com/NMIndonesia/} {twitter#https://twitter.com/IDNusacom} {google#https://plus.google.com/u/0/+LihatDuluInfo} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UClUTCsbI_ubNlA4tD2zzTZw?sub_confirmation=1} {instagram#https://www.instagram.com/idnusacom/}