IDNUSA, BANDUNG - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengklarifikasi soal tunggakan dana pengelolaan sampah Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti Bandung Barat.

Menurutnya, tunggakan itu bukan milik Pemkot Bandung, melainkan milik pihak ketiga yang pembayarannya dengan menitipkan kepada Pemkot Bandung.

"Itu hutangnya Pasar Caringin. Harusnya mereka bayak PD Kebersihan atau Pemkot Bandung, baru kemudian kita setorkan ke TPA Sarimukti. Nah, Pasar Caringin mengalami kendala-kendala dan sebagainya. Kalau Pemkot Bandung nggak mungkin hutan," kata Ridwan Kamil, ditemui di kawasan Cibiru, Bandung, Selasa (11/4).

Kang Emil, sapaan akrabnya, mengungkapkan tagihan itu dijatuhkan ke Pemkot Bandung karena pihak ketiga tidak bisa bayar. Sehingga harus melalui Pemkot Bandung.

"Karena, kontraknya itu dari TPA Sarimukti ke Pemkot Bandung. Nah. Pemkot Bandung ada perjanjian sendiri dengan pihak ketiga, dan pihak ketiganya bermasalah," ungkapnya.

Dia juga menyampaikan pihaknya sudah menyepakati untuk meng-cover tunggakan itu terlebih dahulu. Namun, untuk pembayaran tunggakan itu harus menunggu anggaran akhir bulan ini.

"Kenapa akhir bulan? Karena baru penganggaran, prosedur pencairan itu baru akan diproses. Jadi, saya sampaikan Pemkot Bandung selalu membayar untuk jatahnya sendiri dan tidak pernah menunggak," tegas Kang Emil.

"Pada intinya sudah disepakati kita akan melaksanakan pembayaran. Pihak ketiga kita cover dahulu. Jadi ngan mengasumsikan kita nunggak dengan sengaja. Kan negara aya duitna atuh, jangan dipelintir terlalu jauh, saya paham kemana intinya," pungkasnya.

Untuk diketahui, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Provinsi Jawa Barat Anang Sudarna menyebutkan Pemkot Bandung memiliki tunggakan pengelolaan sampah sebesar Rp6,7 miliar.

Tunggakan tersebut diakumulasikan sejak tahun 2011 lalu, ditambah tunggakan Kompensasi Jasa Pelayanan (KJP) sampah dan Kompensasi Dampak Negatif (KDN). (ar)
Sukai & Ikuti Fanpage
Loading...

💬 Komentar Anda

Memuat...

IDnusa Media

{picture#http://1.bp.blogspot.com/-RHuHKSh0jUg/WJomhwft6RI/AAAAAAABfRA/1TB6GUWhHNg1HQ3cuqhHvXgBJeFOV7-7wCK4B/s1600/IDNusa-Admin.png} Kecepatan, Ketepatan Pemberitaan, Selalu Memberitakan Kebenaran, Terhangat Serta Dapat Dipercaya dan Berimbang. {facebook#https://www.facebook.com/NMIndonesia/} {twitter#https://twitter.com/IDNusacom} {google#https://plus.google.com/u/0/+LihatDuluInfo} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UClUTCsbI_ubNlA4tD2zzTZw?sub_confirmation=1} {instagram#https://www.instagram.com/idnusacom/}