IDNUSA, JAKARTA - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Ikatan Alumni (Iluni) Universitas Indonesia mengajak masyarakat umum untuk ikut berpartisipasi dalam aksi mengawal jalannya Pilkada DKI Jakarta, yang akan digelar 19 April mendatang.

Bahkan mereka menjanjikan kepada warga yang ikut berpartisipasi aktif berkesempatan bisa memenangkan hadiah berupa satu unit telepon pintar iPhone 7. Aksi kawal Pilkda DKI Jakarta digagas dan diselenggrarakan oleh BEM dan Iluni UI secara online.

Masyarakat yang berpartisipasi bisa mengunduh sebuah aplikasi yang dinamakan Kawal Pilkada, kini aplikasi tersebut bisa diunduh di ponsel berbasis IOS dan android.

“Jadi nanti dibuka crowdsourching monitoring. Elemen masyarakat diminta terlibat turun langsung di lapangan. Ada satu hadiah yang menggiurkan untuk yang ikut serta, ” jelas Kepala Departemen Aksi dan Propaganda BEM UI 2017 Andhita Nurnina, di Kawasan Bundaran HI, Minggu (16/4).

Kendati demikian Andhita tidak menjelaskan secara pasti berapa jumlah iPhone yang disediakan sebagai hadiah oleh mereka. Tetapi dirinya hanya berkomentar warga yang berhak mendapatkan hadiah tersebut yakni mereka yang dinilai aktif dan berkontribusi dalam mengawal jalannya pilkada.

Adanya aplikasi Kawal Pilkada kata dia diharapkan bisa mencegah potensi kecurangan yang mungkin terjadi. Lantaran pengawasan langsung dilakukan oleh warga. Warga yang menemukan adanya kegiatan yang menjurus ke arah kecurangan dapat memofoto dan mengirimkannya melalui aplikasi Kawal Pilkada.

“Dari aplikasi itu diharapkan bisa meminimalisir kecurangan-kecurangan yang terjadi. Misalnya kalau saat masa tenang masih ada kampanye, itu bisa difoto dan dilaporkan,” jelas dia.

Pada aplikasi Kawal Pilkada, sambung dia setiap foto yang dilaporkan mesti disertai dengan keterangan keberadaan lokasi pelapor. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya laporan palsu.

Dalam hal ini kata dia BEM dan Iluni UI sudah berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu. Dan juga menyatakan jika mereka bersikap independen, netral, dan tidak memihak salah satu pasangan calon pada Pilkada DKI 2017 kali ini. (akt)
Sukai & Ikuti Fanpage
Loading...

💬 Komentar Anda

Memuat...

IDnusa Media

{picture#http://1.bp.blogspot.com/-RHuHKSh0jUg/WJomhwft6RI/AAAAAAABfRA/1TB6GUWhHNg1HQ3cuqhHvXgBJeFOV7-7wCK4B/s1600/IDNusa-Admin.png} Kecepatan, Ketepatan Pemberitaan, Selalu Memberitakan Kebenaran, Terhangat Serta Dapat Dipercaya dan Berimbang. {facebook#https://www.facebook.com/NMIndonesia/} {twitter#https://twitter.com/IDNusacom} {google#https://plus.google.com/u/0/+LihatDuluInfo} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UClUTCsbI_ubNlA4tD2zzTZw?sub_confirmation=1} {instagram#https://www.instagram.com/idnusacom/}