IDNUSA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi imam salat dengan makmum antara lain mantan Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Hal itu terjadi selepas salat Jumat di Masjid Al-Fattah, Ambon.

"Beliau (Jokowi) mengimami salat ashar jamak qasar selepas salat Jumat di Masjid Al-Fattah, Ambon, siang tadi," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin ketika berbincang, Jumat (24/2/2017).

Presiden Jokowi hari ini melakukan kunjungan ke Ambon. Presiden dan rombongan kemudian menunaikan salat Jumat di Masjid Al-Fattah, Ambon, Maluku. Selesai menunaikan salat Jumat, Presiden Jokowi bertanya kepada Menteri Agama apakah akan langsung salat ashar.

"Beliau bertanya ke saya, 'Apakah kita akan sekalian ashar?'," cerita Lukman.

"Saya jawab, 'Iya Pak, dan Bapak yang jadi imamnya'," kata dia.

Setelah itu, kata Lukman, mantan Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin mengumumkan melalui pengeras suara bahwa akan diadakan salat ashar jamak qasar dengan imam Presiden Jokowi.

"Pak Din Syamsuddin langsung mengumumkan melalui pengeras suara bahwa akan diadakan salat asahr jamak qashar yang diimami Pak Presiden. Setelah salat Jumat selesai, lalu dilanjutkan dengan salat ashar tersebut," tutur Lukman.

Sehabis menunaikan salat Jumat dan salat ashar jamak qashar, Presiden dan rombongan melanjutkan kunjungan kerjanya.

Setelah berita ini dimuat oleh detikcom, salah seorang netizen dengan nama akun Zulfikar melihat kejanggalan dari shaf sholat yang di imami oleh Presiden Jokowi itu. Ada beberapa jamaah yang masih duduk dan terlihat Jokowi sudah takbir untuk segera melakukan sholat.


"Sebelum shalat berjamaah dimulai hendaknya imam menganjurkan agar barisan dirapatkan dan diluruskan. Ini makmum belum rapih dan masih ada yg duduk2 kok imam udah takbir" ungkap Zulfikar melalui akun Facebooknya.

Melihat dari foto itu belum diketahui jelas, apakah jamaah tersebut akan melakukan sholat duduk atau memang belum sempat bersiap berdiri untuk melakukan sholat atau juga mungkin jamaah yang duduk itu bukan bagian rombongan Presiden yang akan melakukan Sholat Ashar Jamak.
Sukai & Ikuti Fanpage
Loading...
Memuat...

Nusa News

{picture#http://1.bp.blogspot.com/-RHuHKSh0jUg/WJomhwft6RI/AAAAAAABfRA/1TB6GUWhHNg1HQ3cuqhHvXgBJeFOV7-7wCK4B/s1600/IDNusa-Admin.png} Kecepatan, Ketepatan Pemberitaan, Selalu Memberitakan Kebenaran, Terhangat Serta Dapat Dipercaya dan Berimbang. {facebook#https://www.facebook.com/NMIndonesia/} {twitter#https://twitter.com/IDNusacom} {google#https://plus.google.com/u/0/+LihatDuluInfo} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UClUTCsbI_ubNlA4tD2zzTZw?sub_confirmation=1} {instagram#https://www.instagram.com/idnusacom/}